Konsumen Lebih Suka Belanja Online Pakai Tablet

Konsumen Lebih Suka Belanja Online Pakai Tablet
Smartphone memang masih mendominasi pengguna e-commerce saat ini. Namun jika dilihat dari tren terakhir, banyak yang lebih memilih menggunakan tablet karena layarnya yang lebih besar.

"Kami terus melihat peralihan dalam cara konsumen berinteraksi dengan retailer melalui saluran digital. Hanya empat tahun setelah peluncuran iPad Apple, tablet dengan cepat menjadi perangkat yang paling populer untuk berbelanja online," kata Yasunobu Hashimoto, General Manager Rakuten Belanja Online. Menurutnya, layar tablet yang lebih besar bisa memberikan pengalaman lebih menyenangkan untuk berbelanja online dibandingkan kebanyakan dari smartphone yang masih mengadopsi layar kecil.

"Sehingga layar lebih besar sepertinya lebih baik. Namun banyak retailer yang gagal untuk mengukur kapan mengoptimalkan tampilan online dan aplikasi mereka. Retailer yang tidak mengikuti tren ini kurang memberikan pengalaman yang berorientasi tablet bagi pebelanjanya," ujarnya lebih lanjut.

Dalam survei e-Commerce Index terbaru dari Rakuten, penggunaan tablet untuk berbelanja online ternyata mengalami pertumbuhan empat kali lipat lebih cepat dibandingkan smartphone. Penelitian mengenai tren berbelanja di 14 negara tersebut menunjukkan bahwa penggunaan tablet tumbuh 41,9% tahun 2013 lalu. Sementara penggunaan ponsel cerdas tumbuh hanya sebesar 9,7% di periode yang sama. Rakuten mendapati bahwa 6,1% pelanggan lebih memilih untuk berbelanja online menggunakan tablet, sementara 6,8% memilih untuk menggunakan ponsel cerdas.

Inggris menyalip Amerika Serikat sebagai pasar terdepan di dunia untuk penggunaan tablet, dengan 12,2% dari warga Inggris yang disurvei mengatakan bahwa mereka memilih untuk menggunakan tablet, dibandingkan dengan 11,3% pebelanja Amerika. Di sisi lain, pebelanja di Brasil lebih lambat untuk beralih ke tablet PC, hanya 0,7% dari populasi yang lebih suka menggunakan tablet saat berbelanja.

Sedangkan di Indonesia, ponsel cerdas tetap jadi pilihan pertama dengan 15,5% dari pebelanja di Indonesia memilih menggunakan ponsel cerdas, sementara 7,0% memilih belanja online menggunakan tablet PC. Meskipun ada pertumbuhan m-commerce, PC tetap jadi pilihan paling populer bagi para pebelanja untuk mengakses situs retail, namun data mengenai hal ini sedikit berubah.

Di dunia, 81,8% pebelanja menggunakan PC untuk berbelanja online, bandingkan dengan 83,2% di tahun 2013. Perangkat mobile mencakup 13,8% dari total data ini, naik dari 12% tahun lalu. "Sementara itu di Indonesia, 68,5% warga Indonesia berbelanja menggunakan PC dan 25,0% menggunakan perangkat mobile," pungkas Yas, panggilan akrab Yasunobu.

Konsumen Lebih Suka Belanja Online Pakai Tablet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bang Jali
 

Top