Jembatan Comal Kemungkinan Sudah Bisa Digunakan Saat Arus Mudik Lebaran

Jembatan Comal Kemungkinan Sudah Bisa Digunakan Saat Arus Mudik Lebaran
Arus mudik H-7 jalur pantura masih menyisakan banyak masalah. Ada beberapa infratrsuktur yang belum rampung dibenahi. Yang paling parah adalah amblesnya Jembatan Comal di daerah Pemalang Jawa Tengah yang kini kondisinya masih mengenaskan. Jembatan itu ambles diterjang banjir bandang lima bulan lalu.
   
Dari data yang dihimpun, dua jembatan itu ambles pada hari Jumat dini hari kemarin (18/7). Tepatnya pada pukul 00.10. Hal itu dikarenakan sekitar dua minggu lalu Jembatan Comal diterjang banjir Bandang. Saat itu, bangunan itu ambles sekitar 20 cm.
       
Kini kondisi jembatan comal lebih parah. Karena terus tergerus air, jembatan yang dibangun pada tahun 2000 itu akhirnya ambles sedalam satu meter. Akibatnya kendaraan tidak bisa melewati salah satu jembatan utama di jalur pantura itu. Dikhawatirkan jiak tidak segera ditangani maka akan menganggu mudik tahun ini.
       
Kepala Pusat Komunikasi (Kapuskom) Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Djoko Mursito tidak menampik ketika dikonfirmasi terkait amblesnya jembatan tersebut. Saat ini Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU didampingi oleh Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah II sedang meninjau lokasi dilanjutkan dengan rapat koordinasi pihak kepolisian untuk membicarakan penanganan lebih lanjut. "Iya memang Jembatan Comal Ambles," jawabnya.
       
Menurut Djoko rusaknya jembatan itu akibat banjir bulan Februari lalu. Sebenarnya, kata dia, sesaat setelah banjir langsung kami perbaiki. Waktu itu, jembatan sempat ambles sedalam 20 cm. "Ternyata sekarang ambles lagi," ujarnya.
       
Semakin parahnya kondisi Jembatan Comal membuat  Kementerian PU bergerak cepat. Saat ini, kata Djoko petugas sudah berada di lokasi. Mereka sedang melakukan pengerukan untuk melihat pondasi jembatan. Menurut dia, pondasi jembatan sudah rapuh akibat tergerus air saat banjir. "Prediksi kami pondasi sudah tidak mampu menahan beban jembatan," jelasnya.

Namun menurut Dirjen Bina Marga Djoko Murjanto mengatakan bahwa secara keseluruhan jalur lebaran sudah siap digunakan. Kerusakan pada Jembatan Comal yang ambles hari Jumat (19/7) kemarin, ekmungkinan sudah bisa normal lagi untuk eklancaran arus mudik tahun ini. "Jembatan Comal sedang kami perbaiki. Kami datangkan jembatan darurat. Lima hari lagi bisa digunakan," tuturnya.

Jembatan Comal Kemungkinan Sudah Bisa Digunakan Saat Arus Mudik Lebaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bang Jali
 

Top