Malaysia Airlines Ganti Nomor Penerbangan dari MH17 ke MH19

Maskapai Malaysia Airlines akan berhenti menggunakan nomor penerbangan MH17 paska jatuh ditembak rudal pada Kamis, 17 Juli 2014. Berdasarkan data dari situs airlineroute.net, nomor penerbangan MH17 tujuan Amsterdam ke Kuala Lumpur, berubah menjadi MH19.

Malaysia Airlines Ganti Nomor Penerbangan dari MH17 ke MH19
Dilansir dari laman USA Today, hari Sabtu 19 Juli 2014, perubahan mulai berlaku pada Jumat, 25 Juli 2014. Perubahan nomor penerbangan juga terjadi saat pesawat MAS tujuan Beijing dinyatakan hilang pada Maret lalu. Nomor penerbangan MH370 tujuan Beijing diubah menjadi MH318, sementara penerbangan dari Beijing menuju ke Kuala Lumpur diberi nomor MH319.

MH17 diketahui lepas landas dari Bandara Schipol, Amsterdam pada pukul 12.19 waktu setempat dan dijadwalkan tiba di Kuala Lumpur pada keesokan harinya. Menurut data dari situs pelacakan online, Flight Aware, penerbangan melewati bagian selatan Ukraina. Spekulasi menyebut pesawat jatuh akibat ditembak rudal dari darat oleh kelompok separatis Ukraina. Mereka salah menembak, karena burung besi itu diduga pesawat transportasi militer milik Ukraina.

Tidak hanya Malaysia Airlines yang menempuh langkah serupa. Beberapa maskapai asing lainnya seperti United Flights, American Flights, Asiana Airlines dan Korea Air Lines, turut mengganti nomor penerbangan mereka setelah diterpa musibah. Asiana Airlines asal Korea Selatan mengganti nomor penerbangan setelah mengalami pendaratan yang fatal di San Fransisco pada tahun lalu. Mereka tidak lagi menggunakan nomor penerbangan 214. Sementara Korean Air Lines melepas nomor penerbangan 007, setelah ditembak jatuh di tahun 1983 silam setelah melewati wilayah udara Soviet.

Malaysia Airlines Ganti Nomor Penerbangan dari MH17 ke MH19 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bang Jali
 

Top