Perbedaan Uang NKRI dengan Uang Lama - Foto & Gambar

Bank Indonesia (BI) dan Pemerintah akan mengeluarkan dan mengedarkan uang baru Rp100.000 di hari kemerdekaan. Gambar dan Foto Uang NKRI sudah diumumkan ke publik. Mari perhatikan Perbedaan Uang lama dengan Uang NKRI.

Perbedaan Uang NKRI dengan Uang Lama - Foto & Gambar Uang NKRI


Mengutip siaran pers BI, Jakarta, Kamis (14/8/2014), secara umum, desain uang Rupiah kertas pecahan Rp100.000 Tahun Emisi 2014 tidak mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan uang Rupiah kertas pecahan Rp100.000 Tahun Emisi 2004 yang beredar saat ini.

Namun, perbedaan utama Uang NKRI antara lain, pertama, frasa "Negara Kesatuan Republik Indonesia" pada bagian muka dan belakang uang. Kedua, penandatangan uang dari sebelumnya anggota dewan Gubernur Bank Indonesia menajdi Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan.

Selain itu, perubahan desain see through register (rectoverso). Perubahan penulisan nama dan gelar pahlawan sesuai Keppres. Adapun perbedaan dengan uang Rp100.000 TE 2004 adalah perubahan lokasi tahun emisi dan tahun cetak dan penambahan blok warna.

Menkeu M Chatib Basri mengatakan, penerbitan uang NKRI pada dasarnya dimaksudkan agar masyarakat lebih paham tentang arti uang demi kesatuan Indonesia. Ini terlihat dari tanda tangan Menkeu dalam uang tersebut. Dalam uang yang beredar saat ini, selain Gubernur BI, terdapat tanda tangan Deputi Gubernur BI.

"Kalau yang ini uang kita karena BI independen. Dia diterbitkan oleh BI, tapi bukan negara. Sekarang ini negara, makanya kita sebut uang NKRI. Pemerintah diwakili oleh Menkeu, BI oleh Gubernur BI. Ini walaupun kesannya seperti simbol tapi ini adalah uang negara dengan begitu maka kita itu kita punya kedaulatan," jelas Chatib di Gedung BI

Perbedaan Uang NKRI dengan Uang Lama - Foto & Gambar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bang Jali
 

Top